Kamis, 02 Mei 2013

Penyerahan Anak

Penyerahan Anak

Adalah salah satu pelayanan yang disediakan oleh Gereja. Penyerahan anak ini dilakukan pada Ibadah Raya I atau Ibadah Raya II yang langsung di pimpin oleh Gembala Sidang Pdt. Ruth Y Tinambunan.

I. Pendahuluan 
Salah satu dari hasil pernikahan adalah hadirnya anak-anak. Kemudian setiap anak dalam rumah tangga Kristiani bukan saja diterima sebagai penerus generasi, tetapi diatas semuanya harus diterima dengan kesadaran bahwa anak-anak adalah anugrah Allah untuk dipelihara, dibina dan dididik kepada keselamatan didalam Kristus Yesus. Amsal 22:6; Efesus 6:4.

Sebagai umat Kristiani yang taat kepada Tuhan dan segala perintahNya, maka setiap orang tua harus membawa anaknya ke rumah Tuhan (gereja) untuk diserahkan kepada Tuhan.
II. Pandangan Alkitab tetang anak
anak adalah pemberian Allah yang dianugrahkan melalui pernikahan. Kejadian 1:28; I Samuel 1:27; Mazmur 127:3 Anak-anak adalah milik pusaka Allah. Mazmur 127:3 Anak-anak merupakan bagian dari rencana Allah. Keluaran 10:9 Anak-anak adalah pewaris kerajaan Allah. Matius 19:14; Markus 10:14; Lukas 18:16.  
III. Dasar Penyerahan Anak
Bayi Yesus dibawa oleh Yusuf dan Maria ke Kaabah Allah diserahkan pada Tuhan Lukas 2:22 .
Setelah lepas susu, Samuel dibawa orang tuanya ke Silo untuk diserahkan kepada Tuhan I Samuel 1:28.
Pada masa pelayanan Yesus , tindakan orang tua yang membawa anak-anak kepadaNya dibenarkan dan diterima dengan memberkati mereka. Matius 19:13-15; Markus 10:13-16; Lukas 18:15-17.
   
IV. Tata Cara Penyerahan Anak
Orang tua membawa anak yang akan diserahkan ketempat yang telah disediakan (didepan mimbar).
Penyampaian Firman Tuhan secara singkat yang berkaitan dengan penyerahan anak.
Disaksikan oleh Majelis Jemaat , yang berdiri dibelakang Orang Tua yang menyerahkan anak, Gembala sidang jemaat atau hamba Tuhan yang sudah ditugaskan berdiri berhadapan dengan orang tua dan anak yang akan diserahkan, mengajak jemaat untuk berdiri , berdoa, kemudian menumpangkan tangan dikepala anak itu dengan ucapan : “Kami serahkan anak ini…..(Nama anak) kepadaMu ya Tuhan , didalam Nama Bapa, Anak Laki-laki dan Roh Kudus , yaitu Tuhan Yesus Kristus, Amin!”.
Orang Tua anak yang diserahkan berlutut dan Gembala Sidang menumpangkan tangan.
Semua jemaat duduk kembali sementara pendeta mengucapkan selamat kepada orang tua dan keluarga si anak.
   
Keterangan : Untuk tertib administrasi Gereja, orang tua mengisi Formulir Permohonan Penyerahan Anak. Penyerahan Anak biasa nya di ikuti lagu " Berkatilah anak Mu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar