Sabtu, 04 Mei 2013

ROTI HIDUP ( YOHANES 6 : 35 )

Nas Kotbah : YOHANES 6 : 35 
RINGKASAN KOTBAH IBADAH RAYA I : 5 MEI 2013
Oleh : Pdm.Naftali Tinambunan

Roti Hidup berbicara tentang kebutuhan Hidup. Kenapa di ibaratkan "Roti Hidup " ? Roti disini berarti makanan. Dan makanan pokok orang Israel waktu itu adalah Roti. Nas ini disampaikan oleh Yesus setelah Yesus memberi makan
5000 orang.

Dalam Yohanes 6:26 berbunyi :  Aku berkata kepada mu sesungguhnya kamu mencari aku, bukan karena telah melihat tanda-tanda melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang ".

Pengertian Nas ini adalah Yesus melihat bahwa orang - orang yang datang kepada Dia  bukan karena mencari Dia tetapi hanya ingin dikenyangkan secara jasmani ( mencari berkat )
Bilamana di artikan dengan kehidupan kita pada saat ini yaitu : orang - orang yang hanya mencari  Tuhan dengan MOTIF - MOTIF tertentu yaitu: ingin diberkati atau mencari berkat tetapi bukan untuk mencari dan mengenal Tuhan.

Bahkan , ada Orang-orang kristen yang datang beribadah dengan Motif melihat Artis atau pembicara terkenal. Inilah fenomena yang terjadi saat ini. Lihat brosur - brosur ,spanduk yang ada " Mengatakan hadirilah... KKR dengan Pembicara atau dengan artis si A atau si Artis B ". 
Maka orang-orang akan berbondong-bondong datang, bukan mencari Yesus. Kristen yang hanya datang beribadah dengan motif melihat artis seperti ini lah merupakan fenomena yang tidak tepat.

Mari kita lihat contoh kehidupan Ayub
Ayub 1 : 5 
Nas ini mengambarkan hubungan pertama Ayub dengan Tuhan yaitu Hubungan yang didasarkan atas ketakutan Ayub. Ketakutan akan anak, ketakutan akan penyakit dan lain sebagainya.
Ketakutan inilah yang menjadi celah iblis untuk mematahkan kerohanian ayub
bagaimana Ayub mengatasi ketakutan nya ? yaitu dengan mempersembahkan banyak korban.
Dasar Hubungan yang seperti ini dasar yang SALAH
Mengapa salah ? Karena kita mencari Allah karena takut Allah tidak memberkati kita atau mengambil apa yang kita punya.

Bilamana Dasar saudara berhubungan dengan Tuhan adalah atas dasar ketakutan. Takut tidak mengembali persepuluhan karena takut usaha bangkrut, takut tidak beribadah karena takut tidak diberkati.
Maka,..saya katakan bahwa hubungan seperti ini adalah SALAH.

Mari kita lihat kehidupan Daniel. (Daniel 3:17 dan 18 )
Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan  kami , maka Ia akan melepaskan   kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; 3:18 tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu."

Artinya Mengiring Tuhan bukan berarti semua nyaman, tidak ada masalah,. tapi mari kita sekalipun banyak hal tidak mengenakkan  kita, tetap kita mengiring Tuhan. Inilah yang dikatakan " PIKUL SALIB "

Bahwa kita mengiring Tuhan, mencari Tuhan bukan untuk mencari Berkat. Berkat memang dibutuhkan setiap manusia, tapi percayalah bahwa jikalau motif kita benar dalam mencari Tuhan, maka berkat akan mengikuti kita. Amen

Yesus katakan bahwa" Manusia hidup bukan dari roti saja tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah ".
Tubuh kita terdiri dari Jiwa dan Roh. Orang kristen harus mampu mengimbangi antara jiwa dan roh nya.
bilamana kita dalam masalah, stess atau depresi maka bukan hanya tubuh kita yang diserang, tapi lebih dalam yaitu roh kita.

Lewat perjamuan kudus yaitu roti yang kita makan dan anggur yang kita minum,  Roh kita di kuatkan.
Bangun hubungan dengan Tuhan bukan atas dasar motif - motif yang salah.
Periksa diri Saudara ,..Apa MOTIF saudara mengiring Yesus ?
Tuhan Yesus memberkati kita
GBU.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar