Selasa, 30 April 2013

SURAT TANPA SAMPUL

Bakat menulis memang hanya menjadi talenta sebagian orang tapi sadarkan anda meskipun anda tidak menulis apapun tapi hidup kita adalah suatu tulisan, surat tersendiri akan Kristus.

Hidup kita adalah surat tanpa amplop karena ciri surat itu adalah terbuka, dikenal dan dapat dibaca semua orang sehingga hidup kita adalah iklan hidup dimana jika yang tertulis jelek , maka jelek pula yang dibaca orang, sebaliknya jika yang ditulis adalah gambaran Kristus , maka orangpun bisa melihat Kristus lewat kita.

Di saat kita menjadi surat Kristus, maka kesaksian hidup yang telah diubahkan akan berbicara jauh lebih keras daripada ribuan kata-kata .
Artinya anda tidak perlu menonjol hanya dengan mengatakan " Percaya kepada Yesus" tapi kehidupan anda menunjukkan diri anda sesungguhnya.

Supaya menjadi surat yang baik ,maka kita harus mencerminkan kemuliaan Tuhan ( II Korintus 3:18) , dimana hidup kita harus menjadi " Terang Dunia " ( Mat 5:14 ).
Seringkali yang terjadi orang kristen hanya menjadi " terang gereja ", dimana kita hanya memancarkan terang saat digereja, tapi saat keluar gereja terang itu hilang dari kita.

Bisa kita bayangkan anda menghidupkan korek api di bawah sinar matahari !!! adakah guna nya ? tapi disaat korek api tersebut anda hidupkan di kegelapan, maka ia  akan berfungsi . 

Itu artinya jika orang kristen jangan hanya menjadi terang di gereja bagi sesama anak Tuhan, artinya terang di tengah terang,
Tapi orang kristen untuk menjadi terang harus keluar dari zona nyaman dan berinkarmasi dengan dunia yang gelap.

Anton L lavey (Pendiri Gereja Setan) ,awalnya adala seorang kristen yang aktif dan setiap tapi saat dia melihat banyak kemunafikan di dalam gereja dimana anak-anak Tuhan hanya menjadi terang gereja saja, tapi saat keluar , hidup mereka lebih kotor dari orang -orang dunia, maka ia memutuskan mendirikan gereja setan, dimana hidup tanpa kemunafikan, dengan mengumbar hawa nafsu baik di lingkungan mereka ataupun di lingkungan gereja setan.

Yesus katakan " kota yang terletak diatas gunung tidak mungkin tersembunyi  ( Mat 5:14b) .
Standar kita sangat tinggi bukan dilembah atau di dataran tapi di atas gunung sehingga dampak hidup kita akan selalu tampak jelas lewat perbuatan dan sikap kita.

Ikan salmon sangat enak dan mahal, tapi tahu kan anda ikan ini selama ia hidup selalu melawan arus ( kontra dengan arus ) , hanya ketika ikan ini mati, maka ia mengikuti arus.

Artinya kekristenan yang hidup akan selalu kontras (melawan) arus dunia ini tapi kekristenan yang matilah yang hanyut bersama arus dunia ini.

Terang itu tidak terjadi dengan sendiri nya ( instan ) , tapi ada proses yang melatar belakangi, seperti lilin. Terang itu tidak terjadi dengan sendiri nya (instan) tapi ada proses yang melatar belakangi. Perhatikan cara kerja benda penerang yang ada :

  1. Lilin bisa memancarkan terang tapi lilin itu harus hancur , menjadi cair dan akhirnya habis
  2. Pelita ( Lampu sumbu ) bisa menyala dan memancarkan terang dimana sumbunya harus di rendam dengan minyak dan jika terang itu menyala karena ada sumbu yang terbakar sampai akhirnya dibuang dan diganti dengan sumbu yang baru.
  3. Neon atau lampu pijar, bisa menyala karena elemen di dalamya dibakar dan dipanasi .Semua bola lampu sudah dirancang normal bertahan antara 500 - 1000 jam, dan setelah itu elemen kawat di dalamnya hitam ,terbakar atau sebelumnya putus duluan.

Kenapa selama ini hidup kita tidak memancarkan terang ? karena kita tidak bersedia berkorban dan hangus terbakar untuk Tuhan .
Tapi saat anda membaca renungan ini, apakah  Terang anda sudah berfungsi ????

Tuhan Yesus Memberkati . (Kotbah oleh Pdm.Naftali Tinambunan )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar